Langkat, Elangpos.com

Tim verifikasi dan validasi lapangan nominator Kalpataru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2021, berkunjung ke Kabupaten Langkat, Sabtu (19/6/2021).

Kedatangan Tim verifikasi dan validasi lapangan nominator Kalpataru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2021. Disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wakil Bupati Langkat, H.Syah Afandin didampingi Kadis Lingkungan Hidup Langkat, H. Iskandar Zulkarnain Tarigan, di Pasar Rawa Kecamatan Gebang, Langkat.

Tim verifikasi terdiri dari Bona Sapril Sinaga dan Abdullah Okta Eriza beserta tim lainnya. Mereka sebelumnya telah melaksanakan perivikasi dan validasi lapangan pada 14 sampai 19 Juni 2021.

Bona Sapril Sinaga menjelaskan kedatangan mereka di Kabupaten Langkat ini, dalam rangka pelaksanaan Kalpataru tahun 2021, sesuai Peraturan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P.30/MENLHK/SETJEN/KUM, tanggal 1 April 2017 tentang penghargaan Kalpataru.

Wakil Bupati Langkat, H.Syah Afandin pada kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada tim penilaian Kalpataru dari Kementrian LKHK, yang sudah datang langsung di Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang untuk meninjau hutan mangrove.

Wabup juga mengatakan, sudah terbentuknya kelompok Pengelolah Hutan Desa (PHD) kurang lebih sudah selama 10 tahun, yang beranggotakan 285 orang. Menurut beliau, dengan adanya kelompok ini sangat bermanfaat untuk perbaikan lingkungan tatakelolah kehidupan masyarakat yang berhubungn langsung dengan hutan. “Ini menjadi suatu hal yang sangat positif bagi kami di lingkungan Kabupaten Langkat,” sebutnya.

Beliau juga sangat berharap, PHD ini bisa menjadi salah satu pendukung dari program Pemkab Langkat serta dapat menjadi suatu organisasi yang turut serta dalam menjaga keberadaan lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Langkat khususnya. Kegiatan verifikasi dan validasi ini juga di hadiri Unsur Forkopimcam Kecamatan Gebang dan Aparat Desa Pasar Rawa. G Red