RUTAN P. BERANDAN KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA KARYA DHIKA KE- 77 TAHUN 2022

P. Berandan,elangpos.com

Rumah Tahanan Negara Klas II B Pangkalan Berandan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara melaksanakan upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke -77 tahun. Di Aula serbaguna Rutan P. Berandan, Jum’at ( 19/8/2022).

Kegiatan Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke -77 tahun, yang berlangsung di Aula serbaguna Rutan P. Berandan berjalan dengan lancar dan hikmat. Kegiatan ini diikuti Seluruh Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pangkalan Berandan.

Dengan mendengarkan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Bapak Yasonna H. Laoly, yang di bacakan oleh Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM RI menyampaikan. Hari ini secara serentak kita memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM ‘HDKD’ ke-77 Tahun 2022, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Jumat pagi ini adalah hari yang istimewa bagi kita Jajaran Kementerian Hukum dan HAM, jelas beliau. Karena hari ini adalah pertama kalinya Kementerian Hukum dan HAM yang kita cintai ini merayakan ulang tahunnya di tanggal 19 Agustus, yang semula pada tanggal 30 Oktober.

Beliau menjelaskan, penetapan tanggal ini adalah hasil pengkajian, penelusuran sejarah, dan bukti-bukti autentik, serta hasil wawancara dengan sesepuh dan para pakar hükum pada tahun 2021 lalu. Yang tentunya ini dapat dipertanggungjawabkan.

Penetapan Hari Lahir Kemenkumham tersebut dilakukan semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi Hari Lahir Kemenkumham RI pada sejarah yang benar.

bahwa tema pada upacara kali ini yaitu :”Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja”.

Pada upacara peringatan Hari Dharma Karya Dhika ini, Menteri Hukum dan HAM juga menegaskan kembali kepada seluruh insan Pengayoman bahwa mendasari indeks kepuasan masyarakat di dalam pelayanan publik terdapat hal-hal yang perlu dipahami. Kita harus tahu tugas utama ‘core business’ kita yakni keberhasilan pembangunan di bidang hükum dan HAM.

Dalam rangka implementasinya kita harus memperkuat kemampuan internal, meningkatkan sinergitas KIL, serta membuka partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya.

Ukuran keberhasilan kita bukan lagi sekedar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka, tetapi terpenting adalah memperoleh kepercayaan publik ‘pub/ic trust dan memperoleh legitimasi ‘legitimacy’ Masyarakat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya berbagai pemberitaan positif serta menurunnya pub/ic comp/aint dan pemberitaan negatif yang menerpa Kementerian Hükum dan HAM.

Menjalani dinamika usia yang ke-77 ini, Pak Menteri berharap seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM agar bekerja dengan baik dari waktu ke waktu didasari tata nilai PASTI dan BerAKHLAK. Bekerjalah dengan ikhlas, tanpa pamrih serta tanpa cela, berikanlah pengabdian yang terbaik bagi Masyarakat, Kementerian Hukum dan HAM, Bangsa dan Negara tercinta.
Kita bersyukur di usia 77 tahun ini, Kementerian Hukum dan HAM mampu menghasilkan prestasi di tengah segala tantangan yang ada.

Diantaranya, Opini atas Iaporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK berhasil diraih untuk yang ke-13 kalinya, Penghargaan predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI, dan beberapa capaian penting lainnya yang bisa dipertahankan dan prestasi lain yang bisa diraih.

Oleh karena itu, pak Menteri mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas kerja keras dan pengabdiannya selama 77 tahun Kemenkumham. Kita harus menjaga komitmen dan konsisten menjadi Insan Pengayoman yang profesional, akuntabel, dan mempunyai terobosan kreatif menyikapi berbagai keterbatasan yang ada.

Menteri Hukum dan HAM RI mengajak
“ Mari kita satukan hati dan pikiran serta teguhkan komitmen secara bersama untuk terus berkarya bagi Negeri didasari tata nilai PASTI dan BerAKHLAK sesuai tema yang kita usung tahun ini ”Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAHKLAK”. untuk Indonesia Maju. G Red