Bupati Langkat H Syah Afandin SH hadiri program BRI Peduli TJSL
BRI Peduli Beasiswa Rp100 juta,  Afandin Himbau Perusahaan Lain Berikan CSRnya
Langkat,elangpos.com
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH hadiri program BRI Peduli Tanggung Jawab Sosial (TJSL), di Lokasi Wisata Suarga Dusun Pamah Semelir Desa Telagah Kecamatan Sei Bingai, Langkat, Jum’at (2/9/2022).
BRI menyerahkan Rp100 juta bantuan dana pendidikan/beasiswa kepada 20 putra/putri Pelaku Usaha Mikro di Desa BRIlian Telagah dari program TJSL BUMD. Klasifikasi tingkat SD 13 orang, SMP 4 orang dan SMA 3 orang, masing masing menerima bantuan sebesar Rp5 juta.
Plt Bupati Langkat berterimakasih serta mengapresiasi aksi peduli BRI. Menurutnya akai ini bukti BRI adalah milik masyarakat, sebab programnya tidak hanya berorientasi profit atau keuntungan perusahaan saja, namun turut memberikan keuntungan bagi masyarakat melalui aksi peduli.
Afandin pun berharap bantuan tersebut dipergunakan dengan sebaik baiknya, menjadikan penyemangat dalam meniti pendidikan untuk kebaikan diri sebagai bekal masa depan, serta meningkatkan sumberdaya masyarakat Langkat.
“Kepada orang tua siswa yang menerima bantuan biasiswa, gunakan uang itu sebaik mungkin, jangan pula untuk membeli HP baru atau kebutuhan lain yang bukan pendidikan, tapi gunakanlah itu dengan bijak untuk pendidikan anak anak kita,” pesan Afandin.
Afandin pun menghimbau perusahan lain yang ada di Langkat kedepannya untuk dapat memberikan CSRnya dalam bentuk bantuan tepat sasaran kepada masyarakat, yang dapat dijadikan sebagai modal usaha dan lainnya untuk membantu membangun perekonomian masyarakat, tidak lagi dalam bentuk bangunan fisik.
Sebelumnya Kepala Cabang BRI Binjai, Agung Prasetyo mengatakan bahwa BRI Binjai membawahi 14 unit BRI, 7 diantaranya beroperasi di kabupaten Langkat, serta menjadikan 3 desa di Langkat sebagai  Desa BRIlian binaan BRI.
Tiga desa tersebut diantaranya Desa Bekiung Sei Limbat di Kecamatan Selesai, Desa Telaga di Kecamatan Sei Bingai, sementara satu diantaranya masih dalam proses yaitu Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok.
Dijelaskannya program “Desa Brilian” merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).
Desa – desa yang tergabung dalam program “Desa Brilian” diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.
Lanjut Kapala Cabang BRI Binjai Agung Prasetyo menjelaskan Program Desa Brilian ini adalah salah satu partisipasi Bank BRI dalam membangun Indonesia.
Peran BRI tidak terbatas pada fungsi Financial Intermediary saja tetapi juga memiliki fungsi dalam pemberdayaan (empowerment) bagi UMKM dan juga perekonomian Desa.
Menurutnya di desa-desa tersebut juga telah terbilang istimewa, karena terdapat para pelaku usaha UMKM tangguh, Agen BRILINK, Agen Ultra Mikro, Bumdes yang menghasilkan produk inovatif, hingga Local Heroes.
Untuk itu pihaknya terus memberikan perhatian dan pembinaan terhadap desa Brilian, terutama bagi mereka yang turut sebagai pelaku usaha UMKM dan Nasabah KUR.
Hadir dalam kegiatan Dandim 0203/Lkt Letkol Inf M Eko Prasetyo, Kapolsek Sei Bingai AKP Japaris PA, Regional SME Banking Head Medan Ayatna Anang Widodo, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Plt Kasatpol PP Dameka Putra Singarimbun SSTP, Plt Kadis Koperasi D Suriono SPd.
Kabag Umum Eka Syahputra Depari SSTP MAP, Kabag Prokim H Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP, Kabid Pariwisata Sabarita, Plt Camat Sei Bingai Tuahta SE, Kepala Desa se- Kecamatan Sei Bingai. G Red
error: ELANGPOS.COM