Plt. Bupati Langkat buka MTQ ke55
Afandin : Berharap Lahirkan Generasi Religius Langkat
Langkat,elangpos.com
Ribuan warga Langkat dari beragam suku dan agama, bercampur baur memeriahkan pembukaan MTQ ke-55. Menjadi bukti Langkat tetap sebagai negeri bertuah dan religius, negerinya para ulama.
Takbir dan tahmid menggelora dilafazkan ratusan warga, mengiringi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati H Syah Afandin SH saat membuka secara resmi MTQ ke-55 Kabupaten Langkat, di Lapangan Bola Kaki Desa Serang Jaya Hilir, Pematang Jaya, Langkat, Senin (3/10/2022).
Syah Afandin berharap MTQ melahirkan generasi pencinta quran yang selalu dekat dengan nilai agama. Serta membentuk karakter generasi yang tangguh, cerdas, jujur dan bermartabat.
“Saya yakin MTQ ini melahirkan generasi Langkat yang religius. Generasi yang mengharumkan Langkat, Sumut dan Indonesia seperti prestasi yang baru diraih Zahran Auzan sebagai juara II MHQ di Arab Saudi,” sebutnya.
Diakhir amanahnya Plt Bupati Langkat menyampaikan ada titipan 5 hadiah umroh untuk 2 orang panitia dan 3 pemenang pada MTQ.
Lima (5) hadiah umroh berasal dari Bupati Langkat 2 periode (2009-2019) H Ngogesa Sitepu, Delia Pratiwi Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Ketua PKK Kabupaten Langkat Ny Endang Syah Afandin, H Muhammad Nur pemilik Rumah Sakit Bidadari, serta Direktur PT Bank Sumut Stabat Samsul Bahar.
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tahun 2022 ini mengusung tema “melalui MTQ bangkit bersama wujudkan Langkat religius, merupakan bagian dari komitmen pemerintah, dalam membina potensi generasi muda untuk menjadikan generasi beriman, berilmu dan berakhlak.
Dengan menauladani al-quran sebagai petunjuk, serta untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin para generasi bangsa, harus hidup dengan mengikuti petunjuk  al-qur’an.
Pembukaan MTQ juga ditandai pembacaan alquran oleh Camat Besitang, Irham Effendi SAg sebagai qori. Prestasi yang pernah diraih Irham dalam MTQ, diantara juara 1 anak anak putra tingkat Kabupaten Langkat tahun 1979 dan 1980, juara 1 tingkat remaja putra tingkat Kabupaten Langkat tahun 1982,1983 dan 1985, serta juara 1 dewasa putra 1989 dan 1991 tingkat Kabupaten Langkat, juara II remaja putra tingkat Provsu ditahun 1985.
Laporan Ketua Umum Panitia disampaikan oleh Sekretaris Daerah H. Amril, S.Sos, M.AP.
Diketahui MTQ Kabupaten Langkat diikuti 23 kafilah utusan dari 23 Kecamatan di Langkat. Serta satu kafilah Khusus dari PT LNK dan peserta dari Aceh.
Pelaksanaannya melibatkan 837 orang, terdiri dari 88 panitia LPTQ dan dewan hakim, serta 750 peserta dan official.
Adapun cabang MTQ yakni tilawah anak-anak dan tartil quran, fahmil quran, syahril quran, khatil quran, hifzul quran terdiri dari 1 juzz sampai 5 juzz,  serta 10 juzz ke 20 juzz sampai 30 juzz.
Sebelumnya Plt Bupati Langkat melantik dewan hakim MTQ  (Kamis 15/9/2022) di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat. Pelantikannya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Langkat nomor: 451.15-16/K/2022 tentang Dewan Hakim MTQ ke-55 Kabupaten Langkat 1444 H/2022 M.
Ditandai penandatanganan naskah pelantikan dan berita acara pelantikan oleh Plt Bupati Langkat bersama Koordinator Dewan Hakim Drs H Ismed Solihin.
Susunan Dewan Hakim MTQ ke 55:
Koordinator Dewan Hakim, Drs H Isned Solihin. Wakil Koordinator Dewan Hakim, H Irfan Yusuf SPdI. Sekertaris Koordinator Dewan Hakim, Yudhi Azhar Harahap SE.
Afandin berharap dewan hakim amanah dalam melaksanakan tugasnya. Bersifat jujur, adil dan tidak berkhianat. Sebab musabaqoh ini untuk mencari bibit qori qoriah terbaik di Kabupaten Langkat.
Turut hadir Sekdakab Langkat H Amril SSos MAP, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, Kajari Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, Danramil 14/ Besitang Kapten Inf B Imran Batu Bara mewakili Kodim 0203/Lkt, Ketua MUI Langkat H Zulkifli Ahmad Dian Lc MA, mewakili Danyonif Marinir Harimau Putih Letda Joko Santoso, seluruh Kepala OPD Langkat, Camat se-Langkat, Ketua TP PKK Langkat Endang Syah Afandin, peserta MTQ dari 23 kafilah dan 1 kafilahdari PT LNK. Serta tokoh masyarakat dan agama, tokoh pemuda dan masyarakat umum. G Red