WALIKOTA BINJAI TEPATI JANJI POLITIK, PEMBANGUNAN GEDUNG AL QURAN CENTER DI MULAI.

Binjai. Elangpos.D

Pemerintah Kota Binjai resmi memulai pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai, Sumatera Utara, di lahan eks Pasar Tunggurono, Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur, Jumat pagi. (30/12/2022) pagi.

Ditandai peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti oleh Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, Wakil Walikota Binjai, Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, dan Ketua MUI Kota Binjai, Assoc Prof Dr HM Jamil Siahaan MA, yang diikuti Anggota Komisi IX DPR RI Hj Delia Pratiwi, Wakil Walikota Binjai, Rizky Yunanda Sirepu STP MP, Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting SIK SH MH, Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf M Eko Prasetyo SSos, serta unsur pimpinan forkopimda, alim ulama, dan pimpinan ormas Islam di Kota Binjai, menandai di mulainya pembangunan Masjid dan Gedung Al quran center, yang menelan biaya 45 Milyar rupiah.

“Dengan mengucapkan Bismillahi Rahman ni Rahim, dengan ini saya letakan batu pertama pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai,” seru Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, sesaat sebelum. Memasukan batu, serta adonan semen dan pasir pada fondasi dasar bangunan.

Drs H Amir Hamzah MAP mengatakan, pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai merupakan salah satu cita-cita dan janji politik dirinya bersama Walikota Binjai terpilih Almarhum H Juliadi SPd MM saat kontestasi Pilkada 2020, sebagai upaya mewujudkan Kota Binjai yang maju, berbudaya, dan relijius.

“Alhamdulillah, salah satu janji saya bersama Almarhum Pak Juliadi pada hari ini mulai terealisasi. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Ketua dan seluruh Anggota DPRD Kota Binjai, karena sudah bersedia mendukung ide dan gagasan saya,” terang amir.

Menurut Amir, komplek yang difungsikan sebagai pusat kajian Islam, sekaligus wadah pembinaan dan pengembangan para mubalig, serta qari dan qariah di Kota Binjai ini, dibangun di atas lahan seluas 1 hektare. Pembangunannya menyerap anggaran hingga Rp 47 miliar, yang berasal dari APBD Kota Binjai tahun anggaran 2022 dan 2023.

“Perkiraan saya, untuk membangun ini setidaknya butuh anggaran hingga lebih dari Rp 120 miliar. Apalagi ada rencana kita memperluas areanya hingga 2 hektar. Meskipun biayanya ini relatif besar dan tidak mungkin ditutupi dari APBD kita, tapi saya optimis, dengan doa dan dukungan masyarakat Kota Binjai, ini dapat diselesaikan,” ujar Amir.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, mengapresiasi ide dan gagasan Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, yang telah memprakarsai pembangunan Masjid Kota Dan Gedung Alquran Center Kota Binjai sebagai upaya memenuhi tanggungjawab, serta meneruskan amanah dan cita-cita luhur Almarhum H Juliadi SPd MM. ( mza )