IPHI Kecamatan Sei Lepan bekali ilmu calhaj tahun 2023

Sei Lepan,elangpos.com

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI ) Kecamatan Sei Lepan bekali ilmu pengetahuan untuk calon haji ( Calhaj ) dalam melaksanakan manasik haji. Yang berlangsung di Aula Kantor Desa Puraka kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat Sumatera Utara Minggu ( 22/1/2023).

Sebelum berangkat melaksanakan ibadah Haji ke tanah Suci Makkah Al-Mukaromah, kita harus terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur. Baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk itu.

Sehingga dalam melaksanakan ibadah Haji nantinya akan memperoleh yang baik dan memuaskan yaitu Haji Mabrur atau Maqbul yang diridhoi Allah SWT karena Haji Mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan semua jama’ah.

Guna untuk membantu para calon jama’ah haji di wilayah Teluk Aru Kabupaten Langkat dalam melaksanakan ibadah haji, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI ) Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat mengadakan bimbingan manasik haji di Aula Kantor Desa Puraka Kecamatan Sei Lepan.

Manasik Haji merupakan suatu kesempatan baik yang di adakan khususnya untuk jama’ah calon Haji di Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat. Dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai tahapan – tahapan dalam menunaikan ibadah Haji yang baik dan benar. Sesuai dengan arahan dan bimbingan Tim bimbingan Haji, oleh karenanya para jama’ah calon haji diharapkan dapat menyimak materi yang diberikan.

Menurut pengurus harian IPHI Kecamatan Sei Lepan, Hj. Herli mewakili Kepala IPHI Kecamatan Sei Lepan, H. Ridwan,S.Pd ketika dikonfirmasi Minggu ( 22/1/2023) disela-sela berlangsungnya manasik haji di Aula Kantor Desa Puraka Kecamatan Sei Lepan mengatakan. Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan pengurus IPHI Kecamatan Sei Lepan bertujuan untuk memberikan wawasan tentang manasik haji.

Karena latar belakang calhaj kita hampir rata-rata adalah jama’ah mandiri. Yakni jama’ah tanpa pembimbing regu yang khusus menangani persoalan ibadah setiap jama’ah seperti kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Manasik haji yang merupakan bimbingan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan Ibadah Haji. Pelaksanaan ibadah haji tidak lepas dari manasik haji. Manasik haji adalah pelatihan pelaksanaan ibadah haji yang diberikan kepada calon jama’ah.
Pertama, meningkatkan kualitas pemahaman jama’ah terhadap pelaksanaan ibadah haji. Kedua, meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji. Ketiga, yaitu meningkatkan dan mengembangkan materi bimbingan ibadah karena materi ini perlu terus di evaluasi.

Kemudian, dengan adanya kegiatan manasik ini, dharapkan agar calhaj dapat lebih memantapkan diri dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji nanti, terutama rukun dan wajibnya.

Kegiatan ini mencakup pendidikan mengenai rukun, persyaratan, wajib, dan sunnah haji, serta hal-hal yang dilarang ( sakral ) selama pelaksanaan ibadah tersebut. Manasik haji umumnya dilakukan antara 8-12 minggu sebelum keberangkatan ke tanah suci yang akan dipandu oleh ustaz, ustazah, dan muthowif atau pemandu.

Hj. Herli selaku pengurus IPHI Kecamatan Sei Lepan sejak tahun 2010 ini juga menjelaskan, bimbingan manasik haji yang diselenggarakan IPHI Kecamatan Sei Lepan ini dilakukan tanpa di pungut biaya atau gratis.

Kegiatan ini atas soladaritas maupun kekompakan alumni Haji Indonesia yang menjadi pengurus IPHI Kecamatan Sei Lepan. Pengurus dan anggota IPHI Kecamatan Sei Lepan mengumpulkan sumbangan yang berasal dari pengurus maupun anggota IPHI Kecamatan Sei Lepan dalam melaksanakan kegiatan manasik haji tersebut. Kami dari pengurus IPHI Kecamatan Sei Lepan mendo’akan agar seluruh proses persiapan keberangkatan para calon jama’ah haji Indonesia khususnya yang berasal dari Kecamatan Sei Lepan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, harap beliau.

Kegiatan manasik haji yang berlangsung di Aula Kantor Desa Puraka Kecamatan Sei Lepan ini selain dihadiri pembimbing dan para calon jama’ah haji Indonesia juga dihadiri para alumni Haji Indonesia yang menjadi pengurus dan anggota IPHI Kecamatan Sei Lepan. Gun Red