Calhaj antusias mengikuti bimbingan kesehatan di IPHI Sei Lepan


Sei Lepan,elangpos.com

Calon jama’ah haji ( calhaj ) terlihat antusias mengikuti bimbingan kesehatan dalam manasik haji yang diselenggarakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI ) Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Minggu ( 5/2/2023).

Para calhaj antusias mengikuti bimbingan kesehatan dalam manasik haji di IPHI Kecamatan Sei Lepan

Bimbingan kesehatan yang disampaikan dr. H . Marbangun Simatupang dalam kegiatan manasik haji di IPHI Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat menyampaikan bimbingan nya agar para calon jama’ah haji tetap menjaga kesehatan. Terutama menjaga pola makan, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Dalam menjaga pola makan bapak dan ibu para calon jama’ah haji harus banyak makan sayur dan buah-buahan. Perbanyak minum air putih minimal 3 liter/ hari. Kurangi makanan yang mengandung garam, penyedap rasa dan lemak.

Untuk menjaga kebugaran, rajinlah untuk berolahraga. Kalau dapat berjalan kaki minimal 30 menit perhari maupun mengendarai sepeda. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih tulang dan otot kita, karena nanti kita saat menjalankan ibadah haji banyak berjalan kaki.

Istirahatlah yang cukup, jangan tidur terlalu malam. Para calhaj jangan terlalu cemas, berfikirlah yang tenang, jelasnya.
Beliau juga mendo’akan semoga calhaj yang saat ini mengikuti manasik haji diberikan kesehatan dan dapat berangkat ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Amin ya rabbal allamin.

Keakraban panitia IPHI Kecamatan Sei Lepan dan para calon jama’ah haji yang mengikuti kegiatan manasik terlihat harmonis. Panitia terlihat bahu membahu dalam melaksanakan persiapan kegiatan manasik haji tersebut.

Panitia IPHI Kecamatan Sei Lepan menyiapkan makan dan minuman dari sumbangsih panitia & para calhaj

Yang paling luar biasa pengurus IPHI Kecamatan Sei Lepan tidak pernah melakukan pungutan uang terhadap para calon jama’ah haji yang mengikuti manasik haji. Dalam setiap kegiatan manasik haji, panitia menyiapkan segala keperluan manasik haji dengan sumbangsih dari pengurus IPHI Kecamatan Sei Lepan dan anggota. Tanpa membebani para calon jama’ah haji yang mengikuti manasik haji tersebut. Karena panitia berharap agar para calhaj yang mengikuti manasik haji dapat fokus dan nyaman dalam mengikuti manasik haji. Panitia juga tidak melarang maupun memaksa, apabila ada para calhaj yang mengikuti manasik haji untuk menyumbang maupun bersedekah untuk keperluan kegiatan manasik itu. Karena kegiatan ini bertujuan untuk kegiatan amal bagi panitia dan calhaj tersebut. G Red

error: ELANGPOS.COM