Tim Supervisi PKK Sumut Bina PKK Langkat
Langkat,elangpos.com
Ketua TP.PKK Kabupaten Langkat Ny.Hj.Endang Kurniasih Syah Afandin menyambut kedatangan Tim Supervisi dan Rombongan TP.PKK Provinsi Sumatera Utara bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat,Rabu (15/2/2023).
Kedatangan Tim Supervisi dan Rombongan TP.PKK Provsu di Kabupaten Langkat dalam rangka kegiatan Supervisi pelaksanaan kegiatan lomba PAAREDI, UP2K PKK, AKU HATINYA PKK, PHBS, LBS, DAN POSYANDU Tahun 2023
Di awali dengan pemakaian Tanjak kepada Ketua Tim Supervisi PKK Provsu, Reza Fahlevi Lubis oleh Plt, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.H.Hermansyah MIP.
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H.Syah Afandin SH yang dalam hal ini di wakilkan oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs H.Hermansyah,M,IP dalam sambutanya tim penggerak PKK Kabupaten Langkat pada setiap tahunnya mengunjuk dan menetapkan Desa binaan sebagai percontohan hal ini menyiratkan bahwa kami bersama tim penggerak PKK Kabupaten Langkat terus-menerus berupaya untuk memajukan desa dan kelurahan dengan memberikan tantangan kepada masyarakat hingga kepala desa/Lurah maupun Camat untuk berbuat yang terbaik bagi desa dan kelurahannya masing-masing.
Harapan besar kiranya apa yang telah kami lakukan bersama tim penggerak PKK Kabupaten Langkat dapat menjadi sebuah kenangan yang baik dan indah yang tentunya dapat terwujud bilamana ketua tim supervisi beserta rombongan memberikan perhatian khusus.
“Mudah-mudahan kehadiran ketua tim supervisi Provsu dapat memberikan sebuah semangat kepada kami khususnya tim penggerak PKK Kabupaten Langkat untuk terus memberikan yang terbaik dalam bidang Desa kelurahannya yang ada di Kabupaten Langkat. Saya berharap menegaskan mengajak dan menghimbau serta mengingatkan kepada saudara,saudari camat beserta kepala desa dan Kelurahan yang telah ditetapkan sebagai desa binaan untuk terus tidak mengenal lelah melakukan pembinaan di wilayah kerja masing-masing,” cetusnya.
Ketua TP.PKK Kabupaten Langkat Ny Hj.Endang Kurniasih Syah Afandin  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran  rombongan supervisi di Langkat.
Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami atas kunjungan ibu dan bapak serta rombongan guna memberikan motivasi bimbingan dan arahan bagi kami dalam melaksanakan pembinaan terhadap desa yang dijadikan sebagai Desa percontohan tim penggerak PKK.
Pada kesempatan ini perkenankan kami menyampaikan laporan bahwa dalam rangka mensukseskan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tahun 2023 Kabupaten Langkat membina beberapa desa sebagai percontohan PKK tahun 2003 yang telah ditetapkan melalui keputusan Bupati Langkat antara lain sebagai berikut :
1. Desa Padang brahrang Kecamatan selesai sebagai Desa binaan AKU HATINYA PKK
2. Desa pelawi Selatan Kecamatan Babalan sebagai Desa binaan pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI)
3. Desa paya bengkuang Kecamatan gebang sebagai Desa binaan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K ) PKK
4. Desa aman damai Kecamatan sirapit Desa binaan dalam berperilaku hidup bersih dan sehat PHBS
5. Desa perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Desa binaan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat ( LBS )
6. Desa perkebunan Tanjung keliling Kecamatan salapian sebagai Desa binaan pos pelayanan terpadu (POSYANDU)
Untuk masing-masing desa binaan kami telah mempersiapkan tim kerja bersama instansi terkait yang tentunya atas dukungan penuh Bapak Plt Bupati Langkat selaku ketua tim Pembina tim penggerak PKK Kabupaten Langkat
Sambut Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Ny.Nawal Edy Rahmayadi yang di bacakan oleh Ketua Tim Supervisi TP.PKK Provsu Bapak, Reza Fahlevi Lubis mengatakan pertemuan ini merupakan bagian dari rentang kendali PKK yang harus kita laksanakan sebagai bentuk pelaksanaan program kerja PKK demi menghadirkan gerakan PKK di tengah-tengah keluarga, serta segenap lapisan masyarakat guna mewujudkan peran PKK sebagai pendukung program pemerintah dalam bidang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK.
Perkembangan kegiatan PKK telah mengalami proses perubahan sejak keluarnya Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 kemudian Permendagri nomor 36 tahun 2020 serta hasil rakernas 9 PKK tahun 2021 juga pelaksanaan rakornas PKK Tahun 2022 tentunya banyak hal yang berubah dan harus kita sikapi secara menyeluruh dan terintegrasi serta terkolaborasi.
Secara umum kegiatan pembinaan supervisi meliputi bidang kelembagaan, bidang administrasi dan bidang Kelompok kerja yang mengelola 10 program pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja yang menyesuaikan dengan kondisi yang berkembang serta terkait berbagai jenis lomba dalam rangka hari kesatuan gerak PKK yaitu tertib administrasi,pola asuh anak dan remaja, usaha peningkatan pendapatan keluarga, pemanfaatan lahan pekarangan, serta Iva test. G Red