Peran Media Menghadapi Pemilu 2024

Ketua PWI SUMUT: ” Media harus netral,”

Langkat,elangpos.com

Terkait peran Media terhadap Pemilu, yakni, diharapkan peran Media harus kuat sosial kontrolnya, terlebih ikut menyuarakan sosialisasi KPU kepada masyarakat melalui pemberitaan.
“Seperti menyuarakan sosialisasi KPU yang meminimalisir Golongan Putih (Golput) dari kalangan masyarakat supaya mereka yang memiliki hak pilih di hari H Pemilu menggunakan hak pilihnya. Tetapi Media bukan berkampanye dan tidak mendukung satu partai politik. Media harus netral,” kata Ketua PWI Sumut, H Parianda Putra Sinik, pada seminar Peran Media Menghadapi Pemilu 2024 yang diadakan PWI Langkat di Rindu Alam Hotel Bukit Lawang, Langkat. Sabtu (25/2/2023).

Berhasil atau tidaknya Pemilu, itu terpulang pada penyelenggara Pemilu, yakni KPU. Tugas Media hanya menjalankan sosial kontrol, yang tujuannya meminimalisir terjadinya kecurangan. Media tidak memanas-manaskan suasana, tetapi bisa mendinginkan atau menurunkan suhu suasana dalam menghadapi Pemilu, katanya lagi.

Parianda juga menjelaskan, berkaitan Hari Pers Nasional (HPN) ke 77, Seminar Peran Media Menghadapi Pemilu 2024 oleh PWI Langkat, merupakan rangakain kegiatan HPN di Sumut.

“HPN di Medan, Sumatera Utara 17 – 21 Februari 2023 yang baru lalu merupakan HPN terbesar di Indonesia dan memecahkan rekor Mesium Rekor Republik Indonesia (MURI) dengan peserta seminar 7.000 wartawan se tanah air Indonesia,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Langkat Syah Afandin, melalui Asisten II Pemkab Langkat Drs Sukyar Muliamin, memberikan apresiasi atas terlaksananya seminar.

“Seminar ini telah membuka pola fikir kita secara lebih baik, untuk menyikapi pelaksana Pemilu yang sebentar lagi akan kita Jepang di tahun 2024,” katanya.
Seminar Peran Media yang berlangsung di Rindu Alam Hotel Bukit Lawang, Langkat. Sabtu (25/2/2023). diikuti segenap pengurus dan anggota PWI Langkat serta tamu undangan yang hadir. G Red

error: ELANGPOS.COM