Objek wisata Alam Bukit Lawang terletak di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tempat Wisata ini berbatasan langsung dengan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Pada awalnya Bukit Lawang merupakan pusat rehabilitasi orangutan. Namun seiring dengan perkembangannya, daerah ini berkembang menjadi pusat pengamatan Orang utan Sumatera Utara. Atau Viewing Centre dan menjadi destinasi wisata menarik di kawasan Bukit Lawang yang diminati para wisatawan mancanegara.

Untuk menuju tempat wisata Bukit Lawang kita dapat menempuh perjalanan darat dari Kota Medan. Kemudian dilanjutkan melewati Kota Binjai. Dengan kendaraan umum melalui terminal Pinang Baris Medan. Dapat juga ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh lebih kurang 2,5 jam. dengan jarak tempuh lebih kurang 80 kilo meter.

Bagi wisatawan yang sudah tiba di lokasi, dan ingin mengunjungi tempat penangkaran orangutan. Dapat menempuh perjalanan dengan berjalan kaki dan menyelusuri sungai dengan jarak tempuh waktu lebih kurang  20 menit. Setelah itu pengunjung melanjutkan dengan menyeberangi sungai menaiki perahu kecil yang bertali. Pusat pengamatan Orang Utan sibuka pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.   

Bukit Lawang yang terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih serta tempat pengamatan Orang Utan Sumatera semi-liar di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser.

Orang Utan Sumatera (Pongo abelii) adalah salah satu dari dua spesies OrangUtan di Indonesia dan hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera.

Taman Nasional Gunung Leuser yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis adalah kawasan pelestarian alam Indonesia yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera.

Bukit Lawang menjadi destinasi menarik bagi turis mancanegara, tidak heran Anda akan banyak menemui turis asing “Bule” disana.

Arus sungai Bahorok yang deras inilah yang dijadikan pengunjung untuk menikmati sensasi Tubing dan Rafting dengan ban dalam mobil atau Tube Rafting.

Fasilitas untuk pengunjung terdapat gubuk-gubuk lesehan dan penginapan untuk beristirahat dengan harga terjangkau. Makanan dan minuman yang dijual di tempat wisata ini pun masih terbilang relatif murah.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa masyarakat sekitar untuk mengelilingi tempat wisata Bukit Lawang. Pengunjung dapat menggunakan jasa mereka untuk memandu Trekking di hutan berbukit untuk menuju tempat pemberian makan orangutan.

Bagi pengunjung yang ingin bermain arung jeram atau mandi-mandi jangan sampai mendekati Bendungan Timbang Lawan. Arus lebih kuat mendekati bendungan dan tertulis “Awas! Bendungan Maut”. Bendungan Timbang Lawan berada di areal Wisma Leuser Sibayak. Jadi tunggu apalagi mari berwisata di tempat Wisata Bukit Lawang untuk mengisi hari liburan bersama keluarga dan rekan kerja. Untuk menikmati keindahan alam Bukit Lawang dengan keindahan alamnya, Air sungai yang jernih dan Hutan di Taman Gunung Leuser. EL GUN