Besitang, ElangPos

Puluhan warga yang terdiri dari dua lingkungan, yaitu Lingkungan Vll dan Lingkungan Vlll berunjuk rasa di depan Kantor Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Sumatera Utara Senin (6/4) sekitar Pukul 10.00 WIB.

puluhan warga yang terdiri dari para kaum ibu rumah tangga melakukan unjuk rasa karena mereka tidak didata di lingkungan mereka dalam rangka kompensasi penanganan Covid-19.
Para pengunjuk rasa dalam aksinya meminta agar mereka didata di Kelurahan Bukit Kubu. Terkait adanya informasi bahwa pemerintah Provinsi Sumut, telah menyampaikan surat kepada Bupati/walikota se-Sumut yang bertujuan.untuk mendata masyarakat dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Khususnya bagi kalangan Ekonomi lemah, masyarakat miskin yang terdampak wabah. Bukan keluarga menerima Program PKH, atau bantuan sosial lainnya yang berasal dari Pemerintah.

Menurut para pengunjuk rasa mengapa di lingkungan mereka tidak dilakukan pendataan. Adapun warga yang didata adalah yang bekerja sebagai petani dan pekerjaan kebun. Kenapa warga yang kurang mampu dan tidak memiliki pencarian tetap tidak didata. Kamikan juga terhimbas/ dari dampak bahaya nya Covid-19 tersebut.

Keluhan para warga yang berunjuk rasa di tanggapi Fitriani, S. Sos. Selaku Lurah Bukit Kubu. Pihaknya mendata warga yang bekerja selaku petani tersebut, berdasarkan permintaan dari Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Langkat dan sesuai arahan KUPT Kecamatan Besitang. Yang didata adalah warga petani dan pekerja kebun. Terkait pengumpulan data untuk warga yang lainnya pihak Kelurahan Bukit Kubu belum ada intruksi dari atasan maupun dari Pemerintah Kabupaten Langkat. Kalau sudah ada intruksi baru pihak Kelurahan Bukit Kubu akan melakukan pendataan kepada warga yang ada di setiap Lingkungan yang ada di Kelurahan Bukit Kubu.

Puluhan orang warga pengunjuk rasa tersebut membubarkan diri, setelah mereka melakukannya pengumpulan berkas – berkas seperti fhoto copy Kartu Keluarga dan fhoto copy KTP di Kantor Kelurahan Bukit Kubu. Mereka berharap agar mereka dapat segera didata. Dengan demikian mereka juga dapat terbantu oleh pemerintah dari dampak Covid-19 ini. SO