Binjai,Elangpos.com

Komandan Kodim (Dandim) 0203/LKT menggelar silaturahmi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai dan Langkat. Kegiatan berlangsung di Aula Makodim 0203/LKT, Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Binjai Kota., Jumat (19/2/21).

Dalam kegiatan silahturrahmi yang berlangsung dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), Dandim 0203/LKT Letkol (Inf) Wisno Joko Saputro saat memberikan kata sambutannya mengatakan. Hubungan kemitraan antara Personil Kodim 0203/LKT dengan para Wartawan yang ada di Kota Binjai dan Langkat, sudah terjalin dengan sangat baik. Beliau berharap dengan  kegiatan  silahturahmi ini, “Wartawan Kota Binjai dan Langkat, selalu sehati dan tetap bisa bersinergi,” ucap Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro.

Perwira Menengah TNI AD yang baru menjabat Dandim 0203/LKT pada bulan pertama ini juga menegaskan bahwa peran media sangat penting bagi negara kita. “Negara bisa berdiri berkat informasi dari peran media. Setau saya, pergerakan Nasional dimulai dari 1908, yang didirikan oleh dr Wahidin Sudirohusodo. “kita ketahui, bahwa beliau (dr Wahidin Sudirohusodo) adalah seseorang yang juga media,” ujar Pria Kelahiran Purworejo, Provinsi Jawa Tengah ini, seraya menambahkan, bahwa Tuhan itu maha tau, namun masyarakat tidak tau kalau tidak diberi informasi melalui media.

Lebih lanjut dikatakan lulusan Akmil tahun 2002 ini, menjabat sebagai Dandim 0203/LKT, merupakan tahun kelima dirinya bertugas di Kodam l/BB. Diakhir sambutannya, Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro berharap, semoga kerjasama yang sudah terjalin selama ini, bisa tetap terjaga dengan baik. “Saya menilai cukup solid. Harapannya semoga tetap terjalin silaturahmi. Sebab, apapun yang diberitakan media, itu tidak bisa dibendung. Jika ada yang bersinggungan dengan anggota kita, saya siap untuk membuka komunikasi,” ungkapnya.

Disoal apakah tugas TNI tidak boleh melakukan penangkapan terhadap pelaku kejahatan, Dandim 0203/LKT menegaskan bahwa tugas TNI adalah menjaga kedaulatan NKRI. “Tugas kita menjaga kedaulatan NKRI, salahsatunya adalah tugas perbantuan kepada Polri. Yang menangkap adalah Polri, tapi kita melaksanakan perbantuan. Jadi kita melaksanakan tugas seperti itu, artinya kita kembalikan tugas dan fungsi masing masing,” tegasnya.

Ketua PWI Kota Binjai Arma Delisa Budi, dalam sambutannya berharap agar kemitraan yang selama ini terjalin, bisa terus tetap terjaga. “Kami dari para media, tetap menjalin hubungan yang baik, sehingga bisa tetap terjaga dan tetap terjalin dengan baik,” harapnya.

Hal senada  juga disampaikan Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga. Beliau juga mengucapkan  terima kasih kepada Dandim 0203/LKT. Karena  telah  bersedia untuk menggelar silahturahmi dengan  insan pers di Binjai dan Langkat. Darwis  juga mengatakan “Jauh jauh hari sebelumnya kami sudah melakukan audensi kepada Dandim 0203/LKT. Namun karena ada pergantian Dandim, baru hari ini terjawab dengan silaturahmi,” katanya. Seraya berharap semakin bersinergi, sebab dengan terbukanya informasi, tidak menutup kemungkinan bisa saling bersinggungan.

Diakhir kegiatan, Dandim 0203/LKT memberikan cinderimata kepada Ketua PWI Langkat dan Kota Binjai. “Cinderamata ini runcing keatas. Beliau berharap wartawan juga begitu,” ucap Dandim, sembari diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah. Dalam kegiatan bersilahturahmi itu, turut hadir para perwira dan Personil Kodim 0203/LKT, serta puluhan anggota PWI Langkat dan Binjai. Red