Masyarakat Kelurahan Alur Dua Bentuk kelompok Nelayan


P. Brandan,elangpos.com

Masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan yang ada di Lingkungan Suka Jadi Kelurahan Alur Dua Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat Sumatera Utara membentuk kelompok Nelayan, Kamis ( 22/9/2022).


Dalam rangka pembangunan dibidang pertanian, perikanan, dan kehutanan yang berkelanjutan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, papan, dan bahan baku industri; memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha; meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya petani, pekebun, peternak, nelayan, pembudi daya ikan, pengolah ikan, dan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan hutan.

Mengentaskan masyarakat dari kemiskinan khususnya di perdesaan; meningkatkan pendapatan nasional; serta menjaga kelestarian lingkungan.
Apalagi saat masa pandemik Covid-19, perkonomian masyarakat khusus nelayan drastis menurun. Kini pandemik Covid-19 sudah berlalu,maka untuk memacu dan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan mereka sebagai nelayan. Para nelayan yang ada di Paluh sampah Lingkungan Suka Jadi Kelurahan Alur Dua, memiliki gagasan untuk membuat suatu kelompok Nelayan. Dengan adanya kelompok, mereka dapat berkumpul berkoordinasi dan membuat iuran untuk keperluan mereka bersama.

Dalam rapat pembentukan kelompok nelayan yang berlangsung di Lingkungan Suka Jadi, pada Rabu ( 21/9/2022) sekitar pukul 20.00 WIB. Terciptalah wadah dan nama kelompok Nelayan mereka yaitu Kelompok Nelayan Paluh Sampah ( Kompas). Dengan susunan pengurus serta keanggotaan nya. Dengan susunan kepengurusan Kelompok Nelayan Paluh Sampah ialah : Ketua, Syahrial, wakil Ketua Suhendra, sekretaris Kusnadi, Bendahara: Nazar Ariska Syahputra Sembiring. Humas : GUNARSO KB,S.H,
Kemudian yang menjadi anggota yaitu : M. Imran, S, Rudi Sunarto, M. Jupril Asrul, Suherman, Amat Syah, Kuswin, Subiono, Syaiful Azemar, E. Juaransyah, Novi Syahputra. Muliadi, Doni Sanjaya, Saripudin. Sedangkan sebagai pelindung dan pembinaan mereka berharap Lurah dan Babinkamtibmas di Kelurahan Alur Dua.

Menurut Syahrial selaku ketua kelompok Nelayan Paluh sampah Lingkungan Suka Jadi yang terpilih mengatakan. Rencananya mereka akan membuat laporan kepada ibu Lurah di Kelurahan Alur Dua. Terkait pembentukan kelompok Nelayan yang mereka buat. Sekaligus mereka meminta wadah kelompok Nelayan Paluh Sampah ini dikukuhkan oleh Lurah Alur Dua, jelasnya. G Red