P. Berandan,ElangPos

Dalam upaya mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Menerapkan beberapa kebijakan baru. Salah satunya penyediaan Box Sterilisasi Covid-19 atau bilik sterilisasi bagi petugas dan tamu yang akan memasuki Lingkungan Rutan Kamis (9/4).

Kepala Rutan Kelas II B Pangkalan Berandan Erwin Fransiskus Simangunsong, A.md.I.P., SH., MH ketika dikonfirmasi elangpos.com Kamis ( 9/4) mengatakan. Sebelum memasuki pintu utama, seluruh petugas atau pun tamu diwajibkan mencuci tangan pada sarana yang telah disediakan. Selanjutnya memasuki Box Sterilisasi untuk disemprot menggunakan cairan khusus atau disinfektan. Box sterilisasi ini kami sediakan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Lingkungan Rutan.

Mulai dari depan kami menyediakan sabun untuk mencuci tangan, atau hand sanitizer. Selanjutnya siapa pun yang akan masuk harus melewati Box Sterilisasi,” ujarnya beliau.

Namun masih ada beberapa tahapan lagi, seperti pengecekan suhu tubuh oleh petugas yang sudah siap untuk melayani pengecekan. Apabila kondisi masih dalam keadaan normal petugas mau pun tamu akan diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer. Kemudian, tetap harus menjaga jarak atau menerapkan social distancing.

Pimpinan yang gemar olahraga ini juga mengatakan, seperti yang kita ketahui saat ini. penyebaran virus corona ( Covid-19 ) di Indonesia terus meningkat. Oleh karena itu kami berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran corona. Terutama di Lingkungan Rutan Kelas II B Pangkalan Berandan ini. Karena disini kami punya ratusan warga binaan yang harus kami jaga,” tuturnya. Red