Besitang, ElangPos

Akibat curah hujan yang cukup deras belakang ini, pembangunan jalur kereta api antara Besitang Kabupaten Langkat Sumatera Utara, – Langsa, Aceh. Yang dianggap sudah rampung dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini sebagian badan jalur relnya nya terlihat runtuh, Kamis (7/5/20).

elangpos.com melansir pemberitaan dari Sumut.antara news.com Sabtu 29 Februari 2020. Terkait pernyataan Pejabat Pembuat Komitmen Aceh Wilayah I dan Sumut Wilayah II, Abdul Kamal di Medan. Mengenai pembangunan jalur kereta api antara Besitang, Langkat, Sumatera Utara, – Langsa, Aceh. Sepanjang 35 kilometer yang diperkirakan segera dioperasikan pada Lebaran tahun kemungkinan akhir Mei dan Juni tahun 2020 gagal beroperasi.

Karena proyek pembangunan jalur KA Besitang Kab. Langkat Sumatera Utara – Langsa Aceh yang dikerjakan Baltek Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan ini. Terlihat badan jalur relnya runtuh akibat derasnya curahan air hujan. Kuat dugaan pekerjaan tersebut asal jadi dan tidak melakukan perincian hal – hal yang akan terjadi.

Dalam pantauan Tim ElangPos.com di lokasi kejadian runtuh nya badan jalur rel kereta api tepatnya di Dusun 15 Desa Halaban Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Sumatera Utara Kamis (7/5/20). Tim melihat juga beberapa tempat dinding beton penahan tanah ( retaining wall ) terlihat sudah mengalami retak -retak.

Sungguh ironis program Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo yang sangat baik untuk kemajuan transportasi perkeretaapian ini dengan anggaran terliunan rupiah, pekerjaannya diduga terkesan tidak efektif.

Semoga kejadian ini dapat menjadi perhatian yang serius terutama kepada pemerintah. Agar melakukan survei dan memberikan sangsi hukum apabila pemegang proyek pembangunan jalur kereta api itu terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan tersebut. (Red).