P. Berandan,ElangPos

Warga Binaan di Rumah Tahanan ( Rutan ) Kelas II B Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat Sumatera Utara mengikuti pelatihan budidaya hidroponik Senin ( 27/7/20).

Langkah ini menjadi terobosan baru untuk membina Warga Binaan Pangkalan Berandan ( WBP ) lebih inovasi dalam bercocok tanam menggunakan cara hidroponik. Pelatihan budidaya hidroponik ini dibimbing dan dipantau petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Langkat.

Terlihat kegiatan pelatihan budidaya hidroponik di Rutan Kelas II B P. Berandan

Menurut Nisron, STP selaku pembimbing dari Dinas Pertanian Kabupaten Langkat ketika dikonfirmasi elangpos.com Senin ( 27/7/20) mengatakan. Kegiatan pelatihan budidaya hidroponik ini sangat penting diperaktekan. Selain caranya simpel alat dan bahan maupun wadahnya dapat menggunakan bahan bekas. Seperti bekas botol / maupun Aqua gelas. Yang paling penting dalam penanaman secara hidroponik ini sangat perlu diperhatikan air dan cara pembenihan nya. Serta harus mengetahui tanaman apa yang akan ditanam. Sehingga kita mendapatkan hasil yang baik, apabila kita dapat menyesuaikan dan membuat media tanam secara baik dan benar.

Yang di sebut dengan tanaman hidroponik ini, media tanam nya tidak menggunakan tanah. Melainkan menggunakan sekam padi, maupun bekas sisa pohon kelapa sawit yang telah membusuk. Bisa juga menggunakan spon ( busa ). Beliau berharap dengan pelatih hidroponik ini, semoga warga binaan di Rutan P. Berandan dapat mengembangkan nya ditengah – tengah masyarakat setelah bebas menjalani hukumannya. Selain mengembangkan ilmu pengetahuan dapat juga menambah dan menciptakan lapangan kerja.

Kepala Rutan Kelas II B P. Berandan Erwin Fransiskus Simangunsong, A.md.I.P., SH., MH, ketika di konfirmasi elangpos.com Senin ( 27/7/20) mengatakan. Kegiatan ini harapan beliau terus berkesinambungan. Agar para warga binaan di Rumah Tahanan Kelas II B P. Berandan ini. Mempunyai bekal pengalaman tentang penanaman secara hidroponik ini. Dengan demikian apabila mereka telah bebas menjalani hukumannya dapat menjadi mata pencaharian mereka diluar nanti.

Kegiatan pelatihan budidaya hidroponik ini yang berlangsung di Aula Rutan P. Berandan diikuti puluhan warga binaan dan diawasi petugas Rutan P. Berandan. Dengan kegiatan pelatihan budidaya hidroponik ini semoga bermanfaat dan dapat membantu warga binaan dalam mengisi waktu luang di dalam rutan. Akhirnya mereka juga dapat ilmu pengetahuan yang positif untuk dikembangkan dan disalurkan kepada warga binaan lainnya. Gun Red/ Tri