P.Berandan, ElangPos
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu tempat untuk menunjang pendidikan Umum, apalagi untuk Sekolah Dasar. Seperti yang terlihat di Sekolah Dasar Negeri 053996 Pelawi, Desa Pelawi Selatan Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat Sumatera Utara Senin ( 17/8/20).
Sarana dan Prasarana di sekolah sangat penting dalam menunjang meningkatkan Kualitas Siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses pendidikan, bahwa kualitas pendidikan tersebut juga di dukung dengan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau instansi pendidikan yang terkait.
Sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa peranan sarana dan prasarana sangat penting dalam menunjang kualitas belajar siswa. Misalnya saja gedung sekolah dan ruang kelas nya tertata dengan rapi, bersih dan baik. Pendidik dan peserta didik dapat dengan nyaman dalam kegiatan belajar mengajar  di sekolah tersebut.
Pentingnya pengelolaan sarana dan prasarana itu dimaksudkan, agar dalam menggunakan sarana dan prasarana di sekolah bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang amat penting di sekolah, karena keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah. Dalam mengelola sarana dan prasarana di sekolah dibutuhkan suatu proses sebagaimana terdapat dalam manajemen yang ada pada umumnya, yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemeliharaan dan pengawasan. Apa yang dibutuhkan oleh sekolah perlu direncanakan dengan cermat berkaitan dengan sarana dan prasarana yang mendukung semua proses pembelajaran.
Terlihat kondisi sekolah sebelum dan sesudah dibenahi.
Sekolah merupakan lembaga sosial yang keberadaannya merupakan bagian dari sistem sosial bangsa yang bertujuan untuk mencetak manusia susila yang cakap, demokratis, bertanggung jawab, beriman, bertaqwa, sehat jasmani maupun rohani, memiliki pengetahuan dan keterampilan, berkepribadian yang mantap serta mandiri. Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka dibutuhkan kurikulum yang kuat, baik secara infrastruktur maupun suprastruktur.
Desi Handayani Siregar, SPd Kepala sekolah yang baru beberapa bulan ditempatkan di Sekolah Dasar Negeri No. 053996 Pelawi. kinerjanya sudah terlihat dalam pembenahan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri tersebut. Beliau langsung bergerak cepat melakukan berbagai macam upaya pembenahan terhadap fasilitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri itu. Diantaranya melakukan pengrehapan maupun pembenahan ruang kelas, perpustakaan dan lainnya yang telah rusak. Seperti pengecetan ruang perpustakaan, pengganti seng yang telah rusak dan lain – lain.
Ketika dikonfirmasi wartawan Desi Handayani Siregar, SPd Senin ( 17/8/20) mengatakan. Sarana dan prasarana pendidikan sangat perlu dibenahi, dengan demikian aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) di sekolah dapat berjalan dengan lancar dan baik. Beliau juga fokus memperbaki kualitas guru, murid dan kurikulum. Jika guru nyaman, murid senang, kurikulum bagus maka sekolah tersebut akan dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik.” tutur Kepala sekolah yang ramah ini.
Gunarso KB selaku Komite di Sekolah Dasar Negeri No 053996 juga menambahkan. Kendala di sekolah tersebut adalah belum adanya ruangan kantor bagi Kepala Sekolah dan guru. Saat ini ruang perpustakaan masih bergabung dengan kantor. Beliau berharap semoga Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, khususnya  Pemerintahan Daerah Kabupaten Langkat. Segera memberikan dan mendirikan bangunan kantor di sekolah tersebut. Agar ruang perpustakaan di sekolah dapat digunakan para siswa – siswi untuk belajar tegasnya. RED