P. Berandan, ElangpPos
MS Kaban mengukuhkan kepengurusan Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan ( FORKOMANDAN) di Taman Wisata Pantai Tiram Desa Teluk Meku Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat Sumatera Utara Sabtu ( 12/9/20).
Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan ( FORKOMANDAN) yang terbentuk dan dideklarasikan masyarakat Teluk Aru di tempat wisata Pantai Tiram Desa Teluk Meku Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat Sumatera Utara ini. Menginginkan kilang minyak Pertamina Pangkalan Berandan agar segera diaktifkan kembali.
 sejarah Kota Pangkalan Berandan adalah ibukota Kecamatan Babalan, Kecamatan Sei. Lepan, Kecamatan Brandan Barat, dan Kecamatan Pangkalan Susu, Kecamatan Besitang, Kecamatan Pematang Jaya, Kecamatan Gebang yang terangkum menjadi Teluk Aru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pangkalan Brandan terkenal karena merupakan salah satu ladang minyak tertua di Indonesia dan telah dieksplorasi sejak zaman Hindia Belanda.
Iriansyah Nasution selaku Ketua Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan dalam menyampaikan kata sambutan nya mengatakan. Dengan hadirnya Forkomandan ini semoga semua pihak dapat mendukung dan mendoakan segala bentuk perjuangan forum ini. Beliau juga mengatakan forum ini bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok jelasnya.
MS Kaban seusai mengukuhkan Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan ketika dikonfirmasi ElangpPos.com Sabtu ( 12/9/20) mengatakan. Kehadiran Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan ini merupakan langkah awal untuk mengajukan maupun mengusulkan kembali kepada Pemerintah Pusat khususnya Pertamina. Agar kilang minyak Pertamina Pangkalan Berandan ditingkatkan kapasitasnya dan kemudian diaktifkan seperti kilang – kilang minyak di daerah lain.
Karena menurut mantan Menteri Kehutanan tersebut, kilang minyak di Pangkalan Berandan ini memiliki pengalaman produksi dan kontribusinya terhadap negara. Pangkalan Berandan juga masih memiliki sumberdaya. Dengan demikian kilang minyak di Pangkalan Berandan ini dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknologi yang baru. Sehingga kapasitas kilang minyak dapat ditingkatkan dan mampu mensuplai wilayah Sumatera Utara, Aceh dan sepanjang Sumatera. Tegas beliau.
Muhammad Natsir selaku Pimpinan Pertamina RU II Area Pangkalan Berandan yang hadir dalam acara pendeklarasian Forkomandan ini ketika dikonfirmasi ElangpPos.com Sabtu ( 12/9/20) mengatakan. Terciptanya Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan ini sangat positif. Karena untuk kedepannya forum ini ada misi – misi yang akan dilaksanakan untuk membangkitkan kembali kilang minyak Pertamina Pangkalan Berandan dari cikal bakal yang tertinggal dahulu sampai nanti kedepannya berkibar kembali kilang minyak Pertamina Pangkalan Berandan dengan adanya Forkomandan ini tutur beliau.
Setelah pendeklarasian Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan, MS Kaban, Anggota DPRD Kabupaten Langkat Dedi Kaisa, Muspika, tokoh masyarakat dan seluruh pengurus Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalan Berandan yang ada di Teluk Aru serta tamu undangan lainnya. Melakukan penanaman pohon mangrove di pinggir Pantai Tiram. Kegiatan ini bertujuan untuk penghijauan dan pemeliharaan hutan mangrove di wilayah pesisir pantai.
Acara yang berlangsung cukup meriah tersebut berjalan dengan lancar aman dan kondusif. Dengan menjaga dan mematuhi protokol kesehatan.Red