P. Brandan, Elangpos.com

Untuk mengantisipasi kebanjiran, masyarakat yang tergabung di kelompok tani Manggrove  di Lingkungan Suka jadi RT.4 RW 2 lakukan kegiatan Gotong royong pembersihan drainase  ( parit) yang tersumbat, minggu  ( 24/1/21).

Menurut Rudi selaku Ketua  Kelompok Manggrove ketika dikonfirmasi elangpos.com minggu  ( 24/1/21) mengatakan. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi  di Lingkungan. Karena belakangan ini seringkali terjadi  curahan air hujan dibaringi dengan pasangnya arus air laut.  Sehingga debit air baik meningkat. Untuk mengantisipasi kebanjiran di Lingkungannya. Mereka melakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan drainase. Dengan demikian air dapat cepat mengalir secara lancar tanpa  hambatan. Sehingga air tidak akan menggenangi permukiman mereka jelasnya.

Beliau juga mengatakan kegiatan gotong royong ini adalah merupakan salah satu kegiatan yang rutin mereka lakukan. Selain kegiatan gotong royong, kelompok manggrove yang dipimpinnya juga melakukan kegiatan perawatan serta menjaga pohon – pohon manggrove yang ada di pesisir pantai maupun paluh di daerah mereka. Penjagaan yang mereka lakukan secara bergantian, dengan tujuan menjaga kelestarian pohon manggrove. Dari para oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan kegiatan penebangan serta pengrusakan hutan manggrove tersebut.  Bila hutan manggrove telah gundul, maka benteng penahan air pun sudah  tidak ada lagi. Paluh dan persis  pantai pun terlihat gersang. Karena  keindahan hutan manggrove telah punah. Kami akan tetap saling bergotong royong agar kelestarian alam semesta ini tetap terjaga. Khususnya  di kawasan pesisir dan paluh di daerah kami ini tegas Rudi. Kegiatan gotong royong tersebut dihadiri puluhan anggota kelompok manggrove Lingkungan Suka jadi serta masyarakat sekitar. Kus/Red