P. Brandan,Elangpos.com

Untuk mewujudkan deklarasi janji kinerja 2021 dan resolusi pemasyarakatan tahun 2020, yang salah satunya adalah peningkatan kualitas warga binaan pemasyarakatan (WBP) menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Serta meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak ( PNBP). Rumah Tahanan Negara Klas II B Pangkalan Brandan membuat bengkel kerja mandiri, minggu ( 14/3/21).

Menurut Erwin Fransiskus Simangunsong, A.md.I.P.,SH., MH Kepala Rutan Klas II B P. Brandan, ketika dikonfirmasi elangpos.com mengatakan. Tujuan dari pembuatan bengkel kerja mandiri ini adalah untuk meningkatan kualitas WBP menjadi sumber daya  manusia  ( SDM ) yang unggul. Ketika WBP selesai menjalani pidana dan kembali kemasyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

Maka melalui bengkel kerja mandiri nantinya dapat dilaksanakan pelatihan-pelatihan keterampilan untuk peningkatan skill WBP agar menjadi manusia yang lebih produktif. Kemampuan yang telah dilatih dapat menjadi modal keahlian mereka untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha kecil sendiri. Ini tidak lain adalah upaya untuk memenuhi beberapa poin yang sudah tertuang di Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020. Yaitu peningkatan kualitas WBP menjadi SDM unggul melalui pelatihan keterampilan dan upaya meningkatkan PNBP.

Beliau juga menjelaskan pembuatan bengkel kerja mandiri ada beberapa kegiatan seperti service sepeda motor, pengelasan, Pembuatan kerajinan dari bahan bambu dan kayu , Pembibitan dan Pembesaran ternak ikan lele, burung love bird, burung parkit, serta penanaman sayur mayur baik secara media tanah maupun secara hidroponik. Red.