Stabat,Elangpos.com

Jelang idul Fitri tahun ini, Presiden Republik Indonesia  Ir. H. Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah, agar meningkatkan protokol kesehatan secara ketat diwilayahnya masing – masing, dengan himbauan tidak mudik lebaran.

“Saya ingatkan kepada segenap kepala daerah; “Yang terpenting bukan sekat sana sini, akan tetapi harus dan terus kita lakukan, adalah aksi nyata untuk meningkatkan prokes secara ketat.”

Demikian penegasan dan intruksi Presiden RI, ketika berlangsungnya Rapat Koordinasi (Rakor) kepala daerah seluruh Indonesia, melalui zoom meeting, Rabu (28/4/2021).
Yang turut diikuti Bupati Langkat Terbit Rencana PA, bersama wakilnya Haji Syah Afandin, SH melalui ruang LCC kantor pusat pemerintahan itu, di Jalan Tengku Amir Hamzah Stabat.

Presiden berharap, segenap kepala daerah dapat menurunkan angka Covid-19 di daerahnya masing- masing. “Karena aksi nyata tersebut perlu dilakukan, agar kita bisa menurunkan angka Covid-19 di semua daerah,” tegas presiden.

Mengingat tradisi kita yang selalu mudik di hari – hari besar seperti Idul Fitri. Justru melalui aksi nyata dimaksud, “Presiden instruksikan kepada segenap kepala daerah se Indonesia, agar menghimbau warganya, untuk tidak mudik lebaran di tahun ini.”

“Saya instruksikan kepada masing – masing kepala daerah, untuk menahan warganya agar tidak mudik.”

Sebut Presiden, “belajar dari India” dan Indonesia harus melihat perkembangan Covid 19 di India. Saat ini negara itu sedang mengalami masa – masa sulit karena perkembangan Covidnya menjadi sangat tinggi  dikarenakan tradisi yang mengabaikan Prokes di hari besar.

“Sekecil apapun itu, kita harus mencermati angkanya. Lalu ikuti perkembangan harian dan hati – hati dengan konsentrasi massa di saat liburan panjang Idul Fitri nanti,” ujar Presiden.

Dipelaksanaan rakor dimaksud, kepala negara tidak sekedar membahas Covid-19. Namun dikesempatan tersebut, presiden turut membahas perkembangan ekonomi.

Bupati menyikapi instruksi presiden tersebut, menyatakan siap untuk melaksanakan pencegahan terhadap warganya yang akan mudik di Langkat. Komitmen pencegahan mudik dimaksud, dilaksanakan secara terpadu dan berkoordinasi dengan segenap unsur Forkopimda Langkat. Di antaranya Kapolres Langkat, Dandim 0203/Langkat, serta sejumlah institusi terkait lainnya.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA fhoto bersama unsur Forkompinda Langkat 

Tindakan positif dan nyata, terhadap pencegahan warga agar tidak mudik dimaksud. Di antaranya, melakukan penyekatan di kawasan perbatasan Provinsi NAD dengan Langkat, yaitu di Kecamatan Besitang. Selanjutnya di perbatasan Kabupaten Langkat dengan Kota Binjai,” tegas bupati.

Hadir mengikuti rakor tersebut, masing-masing Kapolres Langkat AKBP Edy Suranta Sinulingga, Perwakilan Kodim 0203/Langkat Kapten Infantri Iroma Harahap.

Termasuk Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Stabat Muttaqin Harahap, SH, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin, MKes, serta segenap pejabat terkait di Pemerintahan Kabupaten Langkat lainnya, ( Gun Red. )

error: ELANGPOS.COM